MENIMATI SUNRISE DI PUNCAK GUNUNG BISMA WONOSOBO JAWA TENGAH

Tempat Wisata Gunung Bisma merupakan sebuah gunung yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Bisma ini masih berada di area pegunungan komplek Gunung Api Dieng dan pastinya secara administrasi berada di Wonosobo. Yakni Gunung Bisma ini berada di perbatasan Desa Campursari dengan Desa Sikunang, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Bisma memiliki ketinggian 2.365 meter di atas permukaan air laut atau mdpl. Gunung Bisma juga merupakan sebuah bekas gunung api dengan kawah tua yang telah terpotong membuka dan ke arah tenggara. Tentu saja Gunung Bisma ini merupakan salah satu dari sekian gunung yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Bisma sendiri tentu saja luas dan masih dipenuhi dengan jurang terjal yang membuat pemandangan semakin indah pastinya.

Untuk dapat mencapai Gunung Bisma ini kamu dapat melalui banyak pilihan tempat. Dan menurut para pendaki lain juga lebih baik melalui Dusun Silandak, Desa Slukatan, Mojotengah, Wonosobo. Kalau kamu melewati jalur ini tentu saja akan sampai ke puncak Gunung Bisma dengan mudah karena sering dilewati pendaki. Di Gunung Bisma ini tidak ada basecamp atau juga post pendakian. Karena Gunung Bisma ini masih sepi dan hanya terlihat kanan kirinya semak-semak dan pepohonan. Kamu juga dapat mengajak teman atau tour guide agar tidak tersesat pada saat pendakian Gunung Bisma ini.

Selain itu kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di Tempat Wisata Gunung Bisma. Sensasi pada saat mendaki gunung pastinya juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung kamu juga bisa untuk melatih fisik dan mental. Tak hanya itu juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentu saja tujuan kamu dan para pendaki lain ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi kamu juga harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung tentu saja itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian.

Pastikan juga kamu tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Mendaki gunung adalah bukan tentang kamu dapat menaklukan puncak nya atau bisa sampai di titik tertinggi. Karena itu merupakan sebuah bonus semata saja dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita kamu dapat mengalahkan diri sendiri dan tetap terus menatap masa depan. Dengan rasa lelah tentu saja dengan tujuan yang tidak kunjung terlihat pastinya. Bisa membuat seseorang bahkan semua pendaki menjadi putus asa dan kalah dengan rasa egois. Seperti rasanya ingin berhenti dan ingin pulang saja. Bahkan mendaki gunung itu juga bukan hanya sekadar jalan-jalan saja tetapi juga ras syukur kita karena telah di beri kesempatan menikmati keindahan ciptaan-Nya.

Sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu dan di nantikan pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di bagian sebelah barat.

JALUR PENDAKIAN GUNUNG BISMA

Tempat Wisata Gunung Bisma ini walaupun tidak memiliki basecamp atau pos pendakian tetapi kamu bisa sampai di puncaknya. Untuk dapat mencapai Gunung Bisma ini kamu dapat melalui banyak pilihan tempat. Dan menurut para pendaki lain juga lebih baik melalui Dusun Silandak, Desa Slukatan, Mojotengah, Wonosobo. Kalau kamu melewati jalur ini tentu saja akan sampai ke puncak Gunung Bisma dengan mudah karena sering dilewati pendaki. Jika kamu sudah melewati Dusun Silandak kamu harus melewati tanah pertanian miliki masyarakat sekitar pastinya. Dan jalur pendakian Gunung Bisma ini kamu juga bisa melalui desa di barat nya desa Silandak seperti Desa Bunto Dero Duwur dan Desa Melikan. Jika kamu sudah melewati tanah pertanian maka akan melewati sebuah hutan semak dan ilalang. Lalu kamu akan lanjut ke pertengahan gunung dan setelah melewatinya kamu akan melewati hutan pakis besar. Kemudian kamu akan mendaki di hutan belantara yang rimbun pastinya yang memiliki medan ekstrem. Dan juga memiliki ketinggian sekitar 4meter dan kemiringan sudutnya sekitar 90p. Untuk dapat mencapai ke puncak Gunung Bisma ini hanya memerlukan waktu kurang lebihnya 3-4 jam saja. Tentu saja kamu harus berhati-hati jika setelah melewati hutan dan akan memutari pinggiran puncak Gunung Bisma dan menuju ke puncak tertingginya. Karena di samping kamu akan melihat sebuah celah gunung yang dalam pastinya.

Sehingga pemandangan yang indah ini akan sedikit mengerikan karena kamu harus berjalan melewati jalan setapak yang di samping kanan kirinya adalah jurang. Sebaiknya kamu teruslah berjalan sampai melihat sebuah bendera di puncak Gunung Bisma ini dan tetap harus berhati-hati karena jalan yang ekstrem. Tanah yang kamu injak hanya sekitar setengah meteran saja lebarnya dan langsung jurang yang dalam. Di puncak kamu akan melihat makam atau juga punden mbah Bismo. Sebaiknya juga kamu bisa berdoa di makam tersebut agar perjalanan pendakian selamat. Jika suasana nya cerah kamu dapat melihat pemandangan gunung lainnya seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Tlaga Menjer, Gunung Pakuwo dan Kota Wonosobo sendiri. tentu saja pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan ini dapat menghilangkan rasa lelah pada saat mendaki. Tentu saja tidak di ragukan lagi sunrise di Gunung Bisma ini memang sangat indah pastinya. Jika kamu ingin mencoba mendaki Gunung Bisma ini sebaiknya melalui jalur Dusun Silandak saja. Dan pastikan untuk jangan malam hari karena memiliki medan yang sangat ekstrem. Sebaiknya juga untuk datang pada sore hari dan cuaca sedang cerah. Apalagi buat kamu yang baru pertama kali datang ke Gunung Bisma ini. Jika sudah pernah mendaki Gunung Bisma ini dan rute nya malam hari tentu tidak masalah lagi.

TIPS MENDAKI GUNUNG BISMA

  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung kamu jangan sampai dan tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakkan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum kamu dan juga para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat itu kamu melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan pastikan kamu jangan hanya diam saja. Kamu bisa mem-beritahu teman kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Tentu saja itu baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan pastinya kamu juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan bahwasanya kesehatan dalam diri sendiri itu juga sangat perlu. Kalau bisa kamu dan para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

 

 

 

 

Add Comment