LEWATI JALUR TEMPAT WISATA GUNUNG ALANG-ALANG INI UNTUK MENUJU GUNUNG SINDORO

Tempat Wisata Gunung Alang-alang ini juga merupakan sebuah tempat tujuan berlibur sebagian banyak orang. Tempat wisata merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Objek Wisata juga merupakan segala sesuatu yang ada di daerah dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata ini merupakan semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya. Menurut Undang – Undang, pariwisata juga merupakan segala macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya.

Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” adalah bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika digabungkan adalah memiliki artian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang tersebut dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan kunjungan untuk bersenang-senang.

Tempat Wisata Gunung Alang-Alang ini juga merupakan sebuah gunung yang berada di daerah Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Gunung Alang-Alang ini juga disebut dengan Gunung Alang dan merupakan salah satu jalur pada pendakian baru untuk menuju Gunung Sindoro. Dengan rute yang cukup menantang tentunya dengan dimulai bonusan di awal. Baru kemudian menanjak yang cukup ekstrem. Tentunya membuat suasana perjalanan yang lebih menantang. Jalur ini berada di dekat dengan jalur Kledung. Para pendaki juga bisa memutuskan untuk mendaki Gunung Sindoro dengan melalui jalur ini. Tetapi jalur ini para pendaki akan mendapatkan tantangan baru. Pendakian pada jalur ini juga tentunya mengasikkan karena memiliki alam yang menawarkan kesegaran dan juga membuat para pendaki memiliki pikiran yang lebih fresh. Gunung Alang-Alang ini memiliki medan yang berbukit. Titik terdekat dari Gunung Alang-Alang ini adalah Gunung Prau. Memiliki ketinggian 2.240 Mdpl. Dengan suhu rata-rata tahunan di lingkungan tersebut adalah 15 derajat celcius. Dan bulan terpanas berada di bulan Oktober ketika suhu nya 18 derajat celcius. Dan yang paling dingin berada di bulan Desember dengan suhu 12 derajat celcius. Memiliki curah hujan tahunan yang rata-rata 3.635 milimeter. Dan pada bulan terbasah berada di bulan Januari dengan rata-rata 3.635 milimeter. Bulan terkering berada di September dengan 22 mm Prespitasi.

TIPS MENDAKI GUNUNG ALANG-ALANG

  • Memiliki Perlengkapan Yang Harus Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya seperti:

  • Jaket
  • Tutup Kepala
  • Sarung Tangan
  • Kaus Kaki
  • Sepatu Gunung
  • Tas Besar
  • Tas Kecil
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Matras
  • Senter
  • Tongkat
  • Mantel Hujan
  • Peralatan memasak
  • Kamera
  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera. Dan itu bisa terjadi kapan pun pastinya akan menghambat dalam proses mendaki gunung.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki gunung tentunya para pendaki harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Jangan Mengeluh

Dalam mendaki gunung tentunya mengeluh juga merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Karena dengan mengeluh juga akan mempengaruhi proses pendakian juga. Harus nya para pendaki untuk menyemangati diri sendiri juga dan selalu ceria dalam perjalanan agar proses mendaki juga tidak akan terasa berat. Dengan mengeluh pasti nya juga akan mempengaruhi psikis dalam diri sendiri dan masih bisa berimbas pada diri sendiri.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan
  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan mendaki gunung tentunya akan melatih otot kaki dan juga menambah kemampuan fisik kita. Dengan kegiatan ini juga melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus di lalui tentu nya tidak lah mudah. Dan jangan khawatir jika kamu bisa rutin tentunya dalam melakukan kegiatan ini. Dan dengan sesulit apapun itu maka pasti nya akan melewati nya dengan mudah. Selain dengan kegiatan lari juga untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

 

 TEMPAT WISATA LAINNYA YANG WAJIB DIKUNJUNGI SEKITAR GUNUNG ALANG-ALANG BANJARNEGARA

KAWAH CANDRADIMUKA

  • Kawah ini terletak di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara, tentunya tempat wisata ini memiliki sejarah yang sangat erat dengan tokoh wayang Gator Kaca. Menurut cerita yang sudah beredar kawah ini merupakan sebuah tempat dimana tokoh wayang tersebut mendapatkan kesaktiannya untuk pertama kalinya. Kawah candradimuka ini dibuka untuk umum selama 24 jam non-stop. Dan hanya memiliki tiket masuk sebesar Rp.5000 saja. Tentunya sangat murah dan terjangkau bukan.

KAWAH SILERI DIENG

  • Kawah ini berada di desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara. Menurut sejarah kawah ini juga telah meletus sebanyak lebih dari tiga kali yakni pada tahun 1944, 1964, 2003, 2009 dan pada akhir tahun 2018. Tentunya kawah ini merupakan kawah yang juga sangat fenomenal. Walaupun kawah ini tergolong aman untuk diimbangi tentunya selama tidak ada larangan dari pihak pengelola nya. Tentunya para wisatawan tidak banyak melakukan aktivitas wisata di kawah ini selain untuk melihat-lihat keindahan alam sekaligus untuk berfoto. Pemberian nama pada kawah ini juga karena memiliki warna air yang ke abu-abuan dan mirip seperti cucian beras. Sehingga dalam bahasa jawa dinamakan Sileri atau juga air cucian beras. Untuk masuk ke kawah ini hanya membayar dengan tiket Rp.5000 saja.

 

Add Comment