TEMPAT WISATA GUNUNG MASIGIT YANG PAS BUAT KAMU YANG HOBI JALAN – JALAN

Tempat Wisata Gunung Masigit tengah menjadi buat bibir di kalangan para traveller. Karena memang tempat wisata yang satu ini menyajikan wisata alam yang cukup asri dan menarik. Gunung masigit atau yang dikenal juga dengan nama gunung kareumbi masigit. Menyimpan obyek Tempat Wisata Gunung Masigit yang cukup menarik dan sayang untuk anda lewatkan. Salah satunya adalah Taman buru gunung masigit kareumbi. Di taman buru gunung masigit ini menawarkan sensasi yang cukup berbeda dengan tempat wisata yang lainnya. Jika anda mencoba untuk merencanakan sebuah liburan ke kota bandung untuk mengunjungi Tempat Wisata Gunung Masigit. Taman buru gunung masigit kareumbi ini bisa menjadi referensi untuk anda. Pada bahasan artikel kali ini akan membahas informasi Tempat Wisata Gunung Masigit yang menarik di kota bandung dan sekitarnya. Yakni membahas soal taman buru gunung masigit kareumbi. Mungkin di antara anda pasti penasaran bukan apa yang menjadi daya tarik dari tempat wisata yang satu ini.  Untuk para traveller taman buru masigit masigit kareumbi memang memiliki luas sekitar 12.420.70 Hektar. Kawasan lokasi wisatanya ini masuk ke dalam 3 wilayah administratif yaitu kabupaten bandung, kabupaten garut dan sumedang. Selain itu sebagian besar wilayah TBMK masuk ke wilayah garut dan sumedang.

Sejarah, Misteri, Asal Usul Nama Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Di Tempat Wisata Gunung Masigit

Masih membahas soal letak geografis Taman buru gunung masigit kareumbi. Dimana taman ini sebagian besar berada di wilayah TBMK masuk ke wilayah garut dan sumedang.  Hal ini dibuktikan dari letak geografis TB gunung masigit Kareumbi yang terletak di 107° 50′ 30″” sampai 108° 1′ 30” Bujur Timur 6° dan 51′ 31” sampai 7° 00′ 12” Lintang Selatan. Dimana taman buru masigit kareumbi memiliki lokasi geografisnya adalah bergunung – gunung. Ketinggian gunung masigit ini pun puncaknya berada di posisi 1.763 mdpl. Membuat kawasan Tempat Wisata Gunung Masigit ini menjadi kawasan wisata hutan di jawa barat yang memiliki tipe iklim C. Dengan suhu rata – rata kawasan 23 derajat celsius.  Para traveller, salah satu lokasi Tempat Wisata Gunung Masigit ini memang cukup unik, hal ini tidak terlepas dari asal usul sejarahnya. Dari nama tempat itu yakni masigit diambil dari nama pasir yang berada di sebelah timur kawasan. Nah, sedangkan untuk nama kareumbi ini adalah nama gunung yang memang berada di sebelah baratnya.  Akan tetapi tidak sedikit beranggapan bahwa nama kareumbi ini diambil dari nama sebuah pohon. Yang mana dulunya kawasan di dalam gunung tersebut merupakan habitat tempat hidup pohon kareumbi tersebut.

Hal lain yang perlu anda tahu, ternyata TB gunung masigit kareumbi ini adalah kawasan daerah aliran sungai (DAS) cimanuk. Dimana merupakan penyangga sumber air bagi sungai citarum dan sungai besar di jawa barat. Kawasan hutan masigit ini terdapat sejumlah sumber mata air berupa sungai seperti sungai cileunca, cianteun, cikayap, cimanggu, cihanyamar,  cigunung, cikantap, citarik cideres, cibayawak, cisereh dan cimacan. Tempat Wisata Gunung Masigit ini sebelum menjadi seperti sekarang merupakan kawasan yang memang terkenal dengan ilegal loggingnya.  Karena memang banyak sekali penebangan di daerah ini.  Untuk alasan ekonomi dan produksi yang secara tidak langsung cukup berpengaruh pada kelestarian dan fungsi hutan.  Pada tahun 2008 inilah kelompok pecinta alam yakni Wanadri pada waktu itu mengajukan izin pengelolaan dan membentuk sebuah tim manageman. Bertugas untuk mengelola kawasan konservasi masigit kareumbi. Sekarang ini berhasil mereboisasi seluas 300 hektar dari total hutan yang rusak sekitar 2000 hektar.

 

Daya Tarik Dari Tempat Wisata Gunung Masigit Taman Buru Masigit Kareumbi

Para traveller, jika kita lihat daya tarik dari Tempat Wisata Gunung Masigit ini memang cukup banyak. Dimana mampu menjadikan tempat wisata yang satu ini menjadi begitu spesial terutama bagi para pencinta alam. Dan berikut daya pikat yang mengharuskan anda wajib mengunjungi kawasan Tempat Wisata Gunung Masigit ini.

 

  1. Mengenal Aneka Ragam Flora

Tempat wisata taman buru gunung masigit kareumbi ini mampu memberikan sensasi wisata yang cukup berbeda. Dari berbagai tempat rekreasi yang pernah anda kunjungi sebelumnya. Yang paling eksklusif liburan di taman ini adalah sejuknya udara khas pegunungan yang mengelilingi kawasan dengan banyaknya tumbuhan pepohonan yang sangat asri. Menjadi kekuatan utama dari bumi parahyangan. Di Tempat Wisata Gunung Masigit ini muncul banyak sekali tanaman pohon dan flora yang hidup di hutan alam masigit. Di antaranya Puspa, Rasamala, pasang, saninten dll.  Untuk tumbuhan yang hidup dibawahnya ada tepus, congok, cangkuang dll. Nah, untuk jenis bunga atau liana dan epiphyt yang tumbuh di sini antara lain seuseureuhan, angbulu, anggrek, merpati, kadaka, anggrek bulan dll. Namun secara umum tanaman hidup di kawasan ini 40%nya ternyata di dominasi oleh adanya pohon pinus, phon bambu dan pohon kuren.

 

  1. Mengenal ragam fauna

Dengan adanya ragam tanaman dan pohon di Tempat Wisata Gunung Masigit yang sudah dijelaskan sebelumnya. Secara otomatis kawasan wisata yang satu ini merupakan tempat hidup dan habitat asli. Binatang dan hewan khas pegunungan seperti halnya konservasi satwa rusa di Ranca Upas. Nah untuk jenis fauna yang anda temukan di sini diantaranya ada rusa tutul, kijang, anjing, lutung, kera dan masih banyak lagi. Dengan mengunjungi tempat wisata ini selain berekreasi anda juga bisa mengenal dan belajar cara menjaga lingkungan.

 

Fasilitas Yang Ada di Tempat Wisata Gunung Masigit taman buru gunung kareumbi

 

Untuk anda yang memiliki lokasi agak jauh dan memutuskan untuk menginap. Di Tempat Wisata Gunung Masigit ini terdapat fasilitas yang cukup menarik yang ada di kawasan hutan. Dimana terdapat penginapan khas ala hutan rimba. Beberapa fasilitas penginapan tersebut diantaranya;

  1. Rumah pohon

Sesuai dengan namanya pondokan yang satu ini terbuat dari kayu. Namun anda jangan salah, kayu yang digunakan bukan dari kayu hasil tebangan melainkan dari hasil tebangan.  Akan tetapi diambil dari pohon di hutan yang sudah di tebang, namun pohon yang sudah tumbang. Rumah pohon yang satu ini berada di kawasan konservasi masigit kareumbi ini bentuknya adalah rumah panggung. Tersedia 5unit rumah pohon dengan kapasitas maksimal hingga 5 dan 8 orang di dalamnya. Dengan fasilitas berupa sleeping bag dan lampu gas tanpa aliran listrik.

 

  1. Rumah rusa

Sesuai dengan namanya, pengunjung yang bermalam dapat menggunakan tipe rumah yang satu ini. Maka anda akan dekat dengan satwa asli hutan tersebut.  Dimana satwa langka ini berupa rusa tutu dengan jumlah 6 ekor.

 

  1. Camping ground

Memiliki area yang cukup luas dan di salah satu sudut sudah tersedia toilet. Dimana pihak pengelola di sini telah siap menyediakan penyewaan alat kemah untuk pengunjung yang mau berkemah. Pokoknya tak kalah asyiknya jika bermalam di Trizara Resort, Legok Kondang Lodge, Glamping Lakeside atau di Pine Forest Camp. Dengan ketiga fasilitas ini anda bisa menginap selama beberapa hari tanpa harus langsung pulang ke rumah.

Demikian informasi Tempat Wisata Gunung Masigit yang cukup populer yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk liburan anda. Dan terima kasih sudah mengunjungi situs kami. Jangan lupa share ya!

Add Comment