MENJELAJAHI GUNUNG BUKIT RAYA DAN TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA-BUKIT RAYA

Tempat Wisata Gunung Bukit Raya adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya. Tempat wisata merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata.

Tempat Wisata Gunung Bukit Raya ini juga merupakan sebuah tempat tujuan berlibur sebagian banyak orang. Dan suatu objek wisata juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Obyek Wisata juga merupakan segala sesuatu yang berada di daerah dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata ini merupakan semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya. Menurut Undang – Undang, pariwisata juga merupakan segala macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya. Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” adalah bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika digabungkan adalah memiliki artian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang tersebut dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan kunjungan untuk bersenang-senang.

GUNUNG BUKIT RAYA

Tempat Wisata Gunung Bukit Raya merupakan sebuah gunung yang berada di pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Pastinya Gunung Bukit Raya ini juga termasuk ke dalam gunung tertinggi di Kalimantan dan di tanah air. Gunung Bukit Raya ini memiliki ketinggian 2.278 meter di atas permukaan air laut atau mdpl. Tentu saja Gunung Bukit Raya merupakan salah satu dari rangkaian 7 gunung tertinggi di tanah air dan pastinya telah mewakili gunung di pulau Kalimantan. Gunung Bukit Raya sendiri memang terkenal dengan sejuta pacet nya yang menghisap darah. Gunung Bukit Raya sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya yang berada di Kalimantan Barat. Gunung Bukit Raya ini juga menjadi sebuah gunung yang jarang didaki sehingga hanya ada sekitar beberapa grup saja yang mendaki Gunung Bukit Raya ini. Karena Gunung Bukit Raya sendiri memang berada di daerah terpencil dan memerlukan berbagai transportasi untuk mencapai titik pendakiannya. Untuk mencapai Gunung Bukit Raya sendiri kamu dapat melalui Desa Kasongan yang berada di Kalimantan Tengah. Dan juga dapat melalui Desa Rantau Malam, serta biasanya para pendaki juga lebih memilih jalur ini. Karena jalur menurut para pendaki lain jalurnya lebih jelas dan transportasi yang digunakan lebih mudah pastinya. Para pendaki juga harus berganti transportasi berkali-kali untuk menuju Gunung Bukit Raya.

Untuk titik awal pendakian Gunung Bukit Raya ini di mulai dari Resort Taman Nasional Bukit Baka di Rantai Malam. Tetapi sebelum memulai pendakian sebaiknya para pendaki harus melakukan ritual adat yakni biasa disebut dengan Ngukuih Hajat. Dan dimana dapat dipercaya untuk menguatkan semangat para pendaki pastinya agar dapat diberi keselamatan dan kekuatan. Karena jalur pendakian Gunung Bukit Raya ini masih tergolong rapat dan juga minim petunjuk pastinya. Sebaiknya juga para pendaki juga menggunakan jasa guide untuk dapat mempermudah jalannya pendakian. Hutan di Gunung Bukit Raya ini pastinya masih sangat asri dan belum dijamah banyak orang. Sehingga di hutan ini terdapat habitat yang masih sangat terjaga. Pastinya kamu jangan berharap dapat menemukan sebuah savanna yang cantik dan menawan atau lautan awan juga padang lavender. Karena di Gunung Bukit Raya sendiri hanya akan ditemani dengan pepohonan rapat yang menjulang tinggi.

Untuk perjalanan menuju Gunung Bukit Raya sendiri memakan waktu 5 hari pastinya kamu harus siap betapa banyaknya pacet-pacet yang akan ada di tubuhmu. Tentu saja alam yang masih terjaga dengan keasliannya begitu juga dengan berbagai macam rintangan yang dapat kamu temui di Gunung Bukit Raya. Tentu saja di Gunung Bukit Raya ini menjadi sebuah tempat mendaki yang cocok bagi para penggiat alam yang sangat menyukai sebuah petualangan yang lebih menantang pastinya. Dengan pepohonan yang sangat rapat yang menjulang tinggilah walaupun dibilang landai tetapi kamu akan banyak menemui undakan kecil. Yang pastinya harus menyiksa beberapa fisik pendaki. Karena sebuah tebing batu yang cukup tinggi menjadikan bahwa puncak di Gunung Bukit Raya semakin dekat. Dan juga vegetasi telah berubah menjadi sebuah hutan lumut dengan penuh akar dan juga batang pohon yang telah menghalangi trek pendakian tersebut.

TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA – BUKIT RAYA

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya merupakan sebuah kawasan konservasi yang telah menjadi taman nasional dan berada di Pulau Kalimantan. Dan tepatnya Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya berada di perbatasan antara Kalimantan Tengah dengan Kalimantan Barat. Kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya juga memiliki peranan penting pastinya dalam fungsi hidrologis juga sebagai catchment area. Dan pastinya bagi daerah dengan aliran Sungai Katingan dan Sungai Melawi yang terletak di dua Provinsi. Tentu saja kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya juga merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan tropika. Pegunungan yang telah mendominasi puncak-puncak area Pegunungan Schwaner. Bukit Baka-Bukit Raya sendiri merupakan sebuah gabungan dari Cagar Alam Bukit Baka dan Cagar Alam Bukit Raya yang berada di 2 Provinsi. Di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya terdapat 817 jenis tumbuhan dan juga sudah termasuk ke dalam 139 famili. Di sini juga terdapat tumbuhan obat-obatan, bunga rafflesia, anggrek hutan. Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya memiliki keistimewaan dan melimpahnya beberapa jenis dari suku Symplocaceace. Seperti Symplocos Adenophylla, Symplocos Laetevidris, Symplocos Crassipis, Symplocos Rayae dan Symplocos Rubiginosa. Untuk fauna di kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya terdapat beruang madu, musang wisel, orang utan, kesadu,lutung kelabu, lutung merah, lutung hitam, lutung dahi putih, kelempiau dan juga owa ungko.

Add Comment