GUNUNG BONGKOK JAWA BARAT COCOK UNTUK PENDAKI PEMULA

Tempat Wisata Gunung Bongkok atau juga sering di sebut dengan Gunung Bengkok merupakan sebuah gunung yang berada di Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Tentu saja Gunung Bongkok ini telah mencakup beberapa wilayah seperti Kecamatan Cineam, Kecamatan Salopa di Tasikmayala dan Kecamatan Langkaplancar di Kabupaten Ciamis. Untuk puncak Gunung Bongkok sendiri ini secara administrasi berada di Desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa, Tasikmalaya. Nama dari Gunung Bongkok sendiri diambil karena gunung ini pastinya berada sekaligus yang menjadi puncak di perbukitan Bengkok – Aseupan. Yang pastinya memanjang dan melengkung ke arah utara sehingga akan tampak bengkok jika di lihat. Gunung Bongkok sendiri memiliki ketinggian 1.141 meter di atas permukaan air laut atau mdpl. Tentu saja di Gunung Bongkok ini terdapat beberapa Sungai yang berhulu yakni ada Sungai Cigugur, Sungai Ciseel, Sungai Cimandala, Sungai Ciparang, Sungai Cicondong, Sungai Cikondang, Sungai Cimedang dan juga Sungai Cipanaha.

Tentu saja di Gunung Bongkok ini tidak terlalu sulit jalu pendakiannya sehingga cocok sekali untuk kamu yang baru pertama kali mendaki. Di gunung ini kamu juga dapat menikmati Sunrise dan sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu dan di nantikan pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di bagian sebelah barat. Tempat Wisata Gunung Bongkok sendiri ini juga sangat populer pastinya di kalangan masyarakat menjadikan tempat wisata ini ramai juga dikunjungi pastinya.

Tempat Wisata Gunung Bongkok adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

Selain itu kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di Tempat Wisata Gunung Bongkok. Sensasi pada saat mendaki gunung pastinya juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung kamu juga bisa untuk melatih fisik dan mental. Tak hanya itu juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentu saja tujuan kamu dan para pendaki lain ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi kamu juga harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung tentu saja itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Pastikan juga kamu tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Mendaki gunung adalah bukan tentang kamu dapat menaklukan puncak nya atau bisa sampai di titik tertinggi. Karena itu merupakan sebuah bonus semata saja dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita kamu dapat mengalahkan diri sendiri dan tetap terus menatap masa depan. Dengan rasa lelah tentu saja dengan tujuan yang tidak kunjung terlihat pastinya. Bisa membuat seseorang bahkan semua pendaki menjadi putus asa dan kalah dengan rasa egois. Seperti rasanya ingin berhenti dan ingin pulang saja. Bahkan mendaki gunung itu juga bukan hanya sekadar jalan-jalan saja tetapi juga ras syukur kita karena telah di beri kesempatan menikmati keindahan ciptaan-Nya.

JALUR PENDAKIAN GUNUNG BONGKOK

Rute menuju Gunung Bongkok sendiri pastinya sudah cukup mudah. Jika kamu berasal dari luar kota, kamu dapat naik kereta api pastinya dan turun di stasiun Purwakarta. Jika kamu sudah sampai di stasiun kamu dapat menggunakan transportasi angkutan kota yang menuju ke arah kota terlebih dahulu. Karena belum adanya angkutan dari stasiun ke desa Cikandang. Tentu saja dari stasiun lalu ke pertigaan kota dapat di lanjutkan dengan transportasi dari arah kota menuju daerah Plered. Jika sudah sampai di Plered maka kamu harus berganti transportasi lagi menggunakan angkutan umum menuju ke arah desa Cikandang pastinya. Dalam perjalanan dari stasiun Purwakarta sendiri dapat menuju ke desa Cikandang yang hanya berkisar waktu satu sampai dua jam saja. Tetapi itu semua tergantung lama tidaknya kamu mendapat angkutan umum pastinya dan juga laju kendaraan tersebut. Untuk jalur pendakian Gunung Bongkok sendiri kamu harus melewati dua pos pendakian saja. Dari pos pendakian pertama dapat menuju pos pendakian kedua kamu tidak memerlukan waktu yang lama pastinya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit saja. sehingga kamu akan cepat sampai ke pos pendakian ke dua. Dan jika kamu ingin mendirikan tenda atau camp sebaiknya mendirikan di pos satu atau dua saja. Karena di sana memiliki area yang cukup luas pastinya dan ada juga peraturan dari pihak pengelola.

Yang pastinya para pendaki dilarang untuk mendirikan tenda atau camp di daerah dekat puncak Gunung Bongkok. Dan pastinya jika para pendaki mendirikan tenda di sana maka akan sangat beresiko jika terjadi kebakaran lahan. Yang dapat disebabkan oleh para aktivitas para pendaki yang membuat api unggun atau juga memasak dan dapat memicu terjadinya kebakaran. Jalur pendakian di Gunung Bongkok sendiri memang cukup terjal dan di sepanjang pendakian kamu akan sering menjumpai beberapa bebatuan yang berukuran cukup besar pastinya. Maka dari itu kamu harus melalui tanjakan demi tanjakan yang ada di daerah tersebut dengan hati – hati. Jalur pendakian Gunung Bongkok sendiri akan semakin sulit jika sedang musim hujan dan akan membuat daerah sekitarnya juga menjadi licin dan susah. Untuk mengantisipasinya juga maka dari pihak pengelola Tempat Wisata Gunung Bongkok ini memfasilitasi penggunaan tali webing. Dan pastinya telah di letakkan pada titik tertentu di Gunung Bongkok. Dengan adanya bantuan dari tali webing pastinya dapat membantu kamu untuk berpegangan pastinya agar tidak mudah jatuh atau terpeleset. Untuk awal pendakian jalur Gunung Bongkok sendiri masih cukup landai dan banyaknya pepohonan pastinya. Pohon bambu merupakan pohon yang dapat mendominasi dan dapat dengan mudahnya kamu jumpai selama perjalanan.

Jika kamu semakin jauh melangkah maka akan mulai masuk ke dalam hutan dan menjumpai trek yang cukup curam pastinya. Tentu saja di Gunung Bongkok ini memiliki dua puncak dengan karakteristik yang berbeda pastinya. Puncak yang pertama memang datar dan luas dan yang di puncak keduanya merupakan puncak watu tumpang yang merupakan puncak tertinggi Gunung Bongkok.

 

 

Add Comment