BERWISATA KE GUNUNG BETUNG DI LAMPUNG SUMATERA SELATAN

Tempat Wisata Gunung Betung merupakan sebuah gunung yang berada di Lampung, Sumatera Selatan. Dan berada paling dekat pastinya dengan pusat Kota Bandar Lampung. Gunung Betung ini juga termasuk ke dalam hutan konservasi yang dilindungi. Dan merupakan daerah yang masuk dalam kawasan hutan register 19 Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman atau Tahura WAR. Gunung Betung memiliki ketinggian 1240 mdpl dan telah menjadi gunung paling populer untuk para pendaki pemula pastinya. Selain itu juga Gunung Betung ini memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu berat pastinya dan sangat mudah. Tempat Wisata Gunung Betung adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya.

Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Kawasan Gunung Betung ini juga secara administratif sudah masuk ke dalam wilayah Ibukota Bandar Lampung dan beberapa kecamatan. Yakni masuk ke Kecamatan Padang Cermin, Kedondong, Way Lima dan juga Gedong Tataan. Di Gunung Betung ini tentu saja menjadi tempat paling favorit untuk kegiatan camping dan sering dikunjungi. Selain itu juga Gunung Betung ini memiliki pemandangan indah pastinya dan memiliki air terjun. Akses menuju Gunung Betung sendiri biasanya tidak membutuhkan waktu perjalanan yang lama jika kamu dari Ibukota.

Selain itu kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung pastinya juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung kamu juga bisa untuk melatih fisik dan mental. Tak hanya itu juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentu saja tujuan kamu dan para pendaki lain ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi kamu juga harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung tentu saja itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Pastikan juga kamu tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai.

Mendaki gunung adalah bukan tentang kamu dapat menaklukan puncak nya atau bisa sampai di titik tertinggi. Karena itu merupakan sebuah bonus semata saja dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita kamu dapat mengalahkan diri sendiri dan tetap terus menatap masa depan. Dengan rasa lelah tentu saja dengan tujuan yang tidak kunjung terlihat pastinya. Bisa membuat seseorang bahkan semua pendaki menjadi putus asa dan kalah dengan rasa egois. Seperti rasanya ingin berhenti dan ingin pulang saja. Bahkan mendaki gunung itu juga bukan hanya sekadar jalan-jalan saja tetapi juga ras syukur kita karena telah di beri kesempatan menikmati keindahan ciptaan-Nya.

Sunset atau juga matahari terbenam merupakan hal yang paling di tunggu dan di nantikan pastinya. Matahari terbenam juga biasa di sebut dengan swastamita adalah sebuah waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di bagian sebelah barat. Dan warna merah di langit juga pada waktu matahari terbit atau terbenam ini si sebabkan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan juga tingkat kepadatan Atmosfir bumi. Cakrawala sendiri merupakan kaki langit atau horizon atau juga ufuk. Merupakan garis yang memisahkan bumi dari langit.

TIPS MENDAKI GUNUNG BETUNG

  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung kamu jangan sampai dan tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakkan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita semua dan juga tidak hanya kamu saja sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa juga dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum kamu dan juga para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat itu kamu melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan pastikan kamu jangan hanya diam saja. Kamu bisa mem-beritahu teman kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Tentu saja itu baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.

  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan mendaki gunung pastinya kamu dapat melatih otot kaki dan juga menambah kemampuan fisik kita. Dengan kegiatan ini kamu juga melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus kamu lalui tentu nya tidak lah mudah. Dan dengan tingkat kesulitan apapun itu maka pasti nya akan melewati nya dengan mudah. Selain itu juga kamu dapat melakukan dengan kegiatan lari untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan pastinya kamu juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan bahwasanya kesehatan dalam diri sendiri itu juga sangat perlu. Kalau bisa kamu dan para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

 

TAMAN HUTAN RAYA GUNUNG BETUNG

Hutan Konservasi Gunung Betung ini atau juga biasa disebut dengan Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman (Tahura War). Merupakan sebuah kawasan hutan konservasi di Lampung, Sumatera Selatan. Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman ini dijadikan sebagai hutan konservasi ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 408 tahun 1993. Dan menurut Undang-Undang No.23 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2001. Pengelolaan kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman telah di laksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi dengan Surat Keputusan Gubernur No.3 Tahun 2001. Untuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang telah di tugaskan mengelola hutan ini adalah UPTD Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman. Tentu saja letak kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman ini berada di sebelah barat kota Bandar Lampung. Dan memiliki luas selebar 900 Ha, untuk topografi kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman ini sebagian kecil datar dan sampai landai. Juga sebagian besar bergelombang sampai dengan bergunung-gunung dengan ketinggian 1240 – 1681 mdpl. Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman ini memiliki tipe iklim B dan menurut klasifikasi iklim memiliki rata-rata jumlah hari hujan berkisar 4,7 hari/bulan. Dan sampai 17,8 hari/bulan, serta memiliki suhu rata-rata tahunan berkisar 20,8 oC – 22,5 oC. Dan secara hidrologis nya Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman ini berperan sebagai cathmen area atau serapan air. Dan tentunya PDAM Way Rilau telah memanfaatkan sumber air dari sini.

Add Comment