TEMPAT WISATA GUNUNG BATU COCOK UNTUK MENIKMATI SUNSET

Tempat Wisata Gunung Batu adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda.

Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

GUNUNG BATU

Tempat Wisata Gunung Batu ini merupakan sebuah gunung yang berada di sebuah di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Gunung Batu memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl dan gunung ini biasa dikenal dengan sebutan Gunung Batu Jonggol. Gunung Batu secara administratif termasuk dalam kecamatan Sukamakmur dan banyak sekali yang mendengar kesalah pahaman. Karena banyak orang yang belum mengerti tentang Sukamakmur sebagai kecamatan dan termasuk wilayah pemekaran dari Kecamatan Jonggol. Akses untuk menuju Gunung Batu ini dapat melalui 2 jalur. Yakni yang pertama dapat melalui Jonggol (Cibubur Junction – Alternatif Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Kampung Mengker – Gunung Batu). Dan yang kedua dapat melalui Cileruep (Cibinong – Citereup – Tajur – Sukamakmur – Gunung Batu). Sepanjang perjalanan pastinya kamu dapat melihat pemandangan yang indah dan memikat mata.

Seperti pemandangan sungai besar, sawah hijau bahkan hingga barisan bukit yang enak dipandang mata. Selain itu asal kamu tahu untuk akses menuju Gunung Batu ini tidak ada transportasi angkutan umum. Dan sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi saja atau seperti Motor atau juga Mobil Pick Up. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kondisi jalan yang rusak dan beberapa ratus meter dari tempat parkir. Maka kamu harus berhati-hati dalam mengendarai sepeda motor karena medan yang cukup terjal dan terbuat dari pecahan batu kali.

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Jika Kamu Mendaki Gunung Batu Jonggol:

  • Pastikan terlebih dahulu jika kamu ingin bertujuan ke Gunung Batu ini. Dan jika kamu hanya ingin menikmati atau jalan-jalan saja di kawasan Gunung Batu. Untuk melakukan tracking ringan di bagian dasar nya dapat melakukan pendakian hingga ke puncaknya. Dan kamu dapat camp di Gunung Batu ini, pastikan juga tujuan berkunjung erat dengan kondisi fisik kamu dan perbekalan yang dibawa.
  • Kamu jangan sampai melakukan perjalanan menuju lokasi pada malam hari. Karena situasi daerah sana pada malam hari sering beredar informasi masih banyak begal di tengah jalan. Jika kamu telah tiba pada malam hari pastikan untuk tiba di area parkir sebelum magrib untuk menghindari resiko di perjalanan.
  • Jika kamu melakukan kunjungan pada musim kemarau sebaiknya untuk membawa masker ya. Karena Gunung Batu ini memiliki rute yang dilalui berdebu. Dan jika pada musim peng-hujan sebaiknya kamu juga membawa sepatu trekking ya karena jalannya pasti sangat licin.
  • Untuk kamu yang ingin bermalam sebaiknya memilih tempat camp yang paling baik dan dekat dengan jalur pendakian. Seperti ladang milik warga atau juga dekat pemukiman. Karena akan lebih cepat untuk sampai ke puncak pastinya. Dan jika kamu memiliki yang lebih cepat untuk ke puncak kamu dapat memilih di shelter II karena di sana kamu hanya membutuhkan waktu 15 menit-an saja. sementara itu untuk yang berangkat dari bawah kamu membutuhkan waktu kurang lebihnya hanya satu jam atau satu setengah jam saja.
  • Jika kamu akan camp di shelter II sebaiknya membawa air yang cukup dari tempat pemukiman warga ya. Karena di sepanjang jalur pendakian tidak ada mata air dan pastikan jika kamu mendaki dengan sistem tek-tok sebaiknya cukup membawa air minum satu botol besar untuk dua orang. Karena hanya memiliki waktu tempuh yang relatif sebentar.
  • Untuk pendakian yang dapat dilakukan pada malam hari pastinya selain itu kamu harus membawa senter dan headlamp. Dan jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk. Karena sepanjang perjalanan kamu dapat menemukan banyak serangga kecil yang biasa disebut dengan krongo. Asal kamu tahu serangga ini tidak menggigit tetapi sangat mengganggu.
  • Untuk waktu terbaik jika melakukan summit attack bagi yang ingin camp di shelter II, sebaiknya kamu di sana jam 4 pagi dan bermalam di ladang milik sekitaran jam 3 pagi jika tidak ingin ketinggalan indahnya sunrise Gunung Batu Jonggol ini.
  • Jika kamu telah melewati shelter II dan pendakian nya harus kamu lakukan secara berhati-hati karena kemungkinan adanya antrean yang panjang untuk menuju puncaknya. Bahkan banyaknya jalur ekstrem yang harus kamu lalui.
  • Pastikan jika kamu telah sampai di puncak untuk memperhatikan ada rombongan pendaki lain yang ingin menuju di tempat ini. Dan jika terlihat banyak antrean puncak yang cukup panjang pastikan untuk tidak berlama-lama di puncak. Karena Gunung Batu ini memiliki puncak yang sempit dan daya tampung yang terbatas. Karena di sekeliling Gunung Batu ini terdapat jurang yang dalam dan membentang.
  • Tips populer bagi para pendaki yang ini adalah Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali foto dan jangan membunuh apapun kecuali waktu.
  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung Batu ini. Pastinya kita semua dan tidak hanya kamu saja sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung mana pun yang akan kamu daki.
  • Menjaga Kesehatan pastinya telah menjadi hal yang paling utama bagi siapapun itu. Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama. Pastinya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.
  • Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan sebaiknya kamu jangan diam saja. Kamu bisa mem-beritahu temen kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Itu juga baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.
  • Sebelum kamu dan para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya. Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

Add Comment