PESONA GUNUNG BATOK YANG MASIH SATU KALDERA DENGAN TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Tempat Wisata Gunung Batok merupakan sebuah gunung yang berada di Jawa Timur. Gunung Batok ini juga memiliki ketinggian 2.440 mdpl dan berada di 4 wilayah kabupaten. Yakni berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan juga Kabupaten Malang. Letak Gunung Batok ini juga berdekatan dengan Gunung Bromo dan juga Gunung Semeru. Gunung Batok ini merupakan sebuah gunung yang sudah mati atau tidak aktif lagi dan berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Batok ini pastinya menjadi salah satu bagian kaldera Gunung Tengger purba dan menjadi salah satu objek wisata di Jawa Timur. Legenda Gunung Batok ini juga memiliki artian dalam bahasa jawa yang berarti Batok adalah tempurung kelapa. Dan para masyarakat Tengger juga mempercayai bahwa Gunung Batok ini terbentuk dari tempurung kelapa.

Yang dulunya di tendang oleh seorang Resi Bima dan seorang raksasa sakti pastinya yang telah gagal memenuhi syarat. Yakni sebuah syarat yang diajukan oleh Rara Anteng untuk dapat memperisteri nya. Gunung Batok ini juga tidak terlalu populer di kalangan masyarakat luas jika dibandingkan dengan Bromo dan Semeru pastinya. Di kawasan ini juga setidaknya memiliki 5 gunung yang bisa kamu kunjungi selain Gunung Batok ini. Dari atas Gunung Batok ini juga dapat menikmati keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Tempat Wisata Gunung Batok adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki.

Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan sebuah kawasan taman nasional yang berada di Jawa Timur. Berada di 4 wilayah kabupaten, yakni berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan juga Kabupaten Malang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki bentangan barat ke timur sekitar 20 km sampai 30 km dan ke utara selatan nya sekitar 40 km. Dan telah ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1982. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki luas wilayah kurang lebihnya 50.276,3 ha. Di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga terdapat sebuah kaldera lautan pasir yang memiliki luas kurang lebih 6290 ha. Pada batas kaldera ini juga berupa dinding yang terjal dengan ketinggian mencapai 200 – 700 m.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman nasional. Daerah Tengger juga merupakan sebuah kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata. Pada kawasan ini juga berfungsi sebagai hutan lindung dan juga hutan produksi. Kamu juga dapat melihat berbagai fungsi tersebut pastinya. Dan dengan Kongres Taman Nasional Sedunia juga telah mengukuhkan kawasan Bromo Tengger Semeru ini sebagai taman nasional. Yang dalam pertemuan yang dapat diselenggarakan di Denpasar, Bali pada tanggal 14 oktober tahun 1982. Tentunya atas pertimbangan alam dan juga lingkungannya juga perlu dilindungi beserta macam-macam potensi tradisional kuno nya.

Yang pastinya dapat terus di kembangkan dan pada tanggal 12 November tepatnya tahun 1992. Pemerintah Indonesia telah resmi meresmikan kawasan Bromo Tengger Semeru menjadi taman nasional. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin. Tentunya dengan pohon-pohon yang besar dan juga sudah berusia ratusan tahun antara lain seperti Cemara Gunung, Jamuju, Edelweis dan berbagai jenis tanaman Anggrek dan rumput langka lainnya. Juga memiliki banyak rerumputan, centigi, akasia dan juga cemara dll.

 

Beberapa Hal Yang harus kamu perhatikan ketika berwisata ke Gunung:

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita semua dan tidak hanya kamu saja sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung mana pun yang akan kamu daki.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama. Pastinya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

  • Perlengkapan Wajib Yang Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya seperti:

  • Jaket
  • Tutup Kepala
  • Sarung Tangan
  • Kaus Kaki
  • Sepatu Gunung
  • Tas Besar
  • Tas Kecil
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Matras
  • Senter
  • Tongkat
  • Mantel Hujan
  • Peralatan memasak
  • Kamera
  • Jangan Memutuskan Untuk Mendaki Gunung Hanya Karena Ajakan Dari Teman

Karena itu hanya semata-mata gengsi, dan meski semua itu hanya demi foto-foto yang keren untuk sosial media saja.

  • Jangan Memetik Bunga Edelweiss

Siapa pun itu jangan pernah untuk merusak tanaman bunga ini. Dimana pun tempat nya bahkan itu sangat di larang. Karena Bunga Edelweiss ini juga termasuk tanaman yang dilindungi. Jangan sampai tanaman ini rusak akibat perbuatan manusia. Kamu juga harus bisa melindungi tanaman ini ya jangan sampai merusak atau membawa pulang.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan sebaiknya kamu jangan diam saja. Kamu bisa mem-beritahu temen kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Itu juga baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum kamu dan para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

Add Comment