PESONA GUNUNG BALURAN DENGAN PADANG SAVANA YANG ADA DI UJUNG JAWA TIMUR

Tempat Wisata Gunung Baluran merupakan sebuah gunung di jawa timur dan memiliki ketinggian sekitar 1.247 mdpl.  Gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Situbondo dan memiliki puncak Aleng, Klosot dan juga Kancip. Gunung Baluran ini tentu saja termasuk gunung yang paling timur di Pulau Jawa dan berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Gunung Baluran ini sudah tidak aktif lagi dan memiliki dinding kawah yang juga di batasi dengan kaldera dengan kedalaman 600 meter. Ada juga yang berpendapat bahwa di sebelah timur dari Gunung Baluran ini lebih tinggi lagi. Dan di sektor tengahnya juga terbagi menjadi kaldera yang dalam, karena cekungan kawah yang sudah memadat di dasar. Mendaki gunung juga bukanlah dapat menaklukan puncak nya atau sampai di titik tertinggi.

Karena itu hanya bonus semata. Dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita aku dan kamu dapat mengalahkan diri sendiri dan tetap terus menatap masa depan. Dengan rasa lelah hingga tujuan yang tidak kunjung terlihat pastinya. Bisa membuat seseorang bahkan semua pendaki menjadi putus asa dan kalah dengan rasa egois. Seperti rasa ingin untuk berhenti dan ingin pulang saja. Bahkan mendaki gunung bukan hanya sekadar jalan-jalan saja tetapi juga ras syukur kita karena telah di beri kesempatan menikmati keindahan ciptaan-Nya. Di Gunung Baluran ini kamu dapat menikmati indahnya pemandangan dan hawa segar alami.

Tempat Wisata Gunung Baluran adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki.

Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu Taman Nasional yang ada di tanah air kita tentunya. Dan terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Kenapa dinamakan Taman Nasional Baluran karena di sana memiliki sebuah gunung bernama Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. Taman Nasional Baluran ini juga memiliki vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan pantai, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Untuk tipe vegetasi sabana memiliki luas sekitar 40 % dari total luas lahan Taman Nasional Baluran. Sejarah Taman Nasional Baluran ini pada sebelum tahun 1928 seseorang pemburu dari Belanda bernama AH. Loedeboer memiliki daerah konsesi di Labuhan Merak dan juga Gunung Mesigit. Dan dia juga pernah singga di Baluran. Dia meyakini bahwa di Baluran memiliki nilai penting untuk perlindungan satwa tentunya seperti mamalia besar.

Pada tahun 1930 seorang pejabat Direktur Kebun Raya Bogor KW. Dammerman mengusulkan untuk sebagai hutan lindung. Dan pada tahun 1937 seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda telah menetapkan Baluran sebagai Suaka Margasatwa pastinya. Dan dengan ketetapan GB. No. 9 Tanggal 25 September 1937 Stbl. 1937 No. 544. Waktu masa kemerdekaan tepatnya Baluran telah di tetapkan kembali oleh Menteri Pertanian dan Agraria Republik Indonesia sebagai Suaka Margasatwa dengan Surat Keputusan Nomor. SK/II/1962 tanggal 11 mei 1962.

Yang terakhir tepatnya pada tanggal 6 maret 1980 Baluran sudah di tetapkan sebagai Taman Nasional yang juga bertepatan dengan hari Strategi Pelestarian se-Dunia. Taman Nasional Baluran ini memiliki luas sebesar 25.000 Ha. Di Taman Nasional Baluran ini memiliki kurang lebihnya ada 444 jenis tumbuhan dan diantaranya merupakan tumbuhan asli dan khas. Tentu saja sudah mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering.

Tumbuhan Khas ini seperti:

  • Widoro bukol (Ziziphus rotundifolia)
  • Mimba (Azadirachta indica)
  • Pilang (Acacia leucophloea)

Tumbuhan lainnya antara lain:

  • Asam jawa (Tamarindus indica)
  • Gadung (Dioscorea hispida)
  • Kemiri (Aleurites moluccana)
  • Gebang (Corypha utan)
  • Api-api (Avicennia sp.)
  • Kendal (Cordia obliqua)
  • Salam (Syzygium polyanthum)
  • Kepuh (Sterculia foetida)

Taman Nasional Baluran ini juga memiliki 26 jenis mamalia seperti:

  • Banteng (Bos javanicus javanicus)
  • Kerbau liar (Bubalus bubalis)
  • Ajag (Cuon alpinus javanicus)
  • Kijang (Muntiacus muntjak muntjak)
  • Rusa (Cervus timorensis russa)
  • Macan tutul (Panthera pardus melas)
  • Kancil (Tragulus javanicus pelandoc)
  • Kucing bakau (Prionailurus viverrinus)

Tentu saja Taman Nasional Baluran ini memiliki kurang lebih ada 155 jenis burung dan juga burung langka seperti:

  • Layang-layang api (Hirundo rustica)
  • Tuwuk asia (Eudynamys scolopacea)
  • Burung merak (Pavo muticus)
  • Ayam hutan merah (Gallus gallus)
  • Kangkareng (Anthracoceros convecus)
  • Burung rangkong (Buceros rhinoceros)
  • bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus)

 

Taman Nasional Baluran juga merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang masih memiliki ekosistem asli. Dan dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan ilmu pengetahuan, penelitian, pariwisata, pendidikan, menunjang budidaya dan juga rekreasi. Taman Nasional Baluran juga menjadi salah satu jenis kawasan yang dilindungi pastinya oleh pemerintah pusat. Terhadap polusi dan juga perkembangan manusia yang semakin menjadi-jadi akibat ulahnya. Pintu masuk pendakian Gunung Baluran ini kamu harus melewati Taman Nasional Baluran. Dan untuk menuju ke Pesanggrahan di Bama atau Kelor dan dapat menggunakan mobil. Dari pintu masuknya kamu dapat menempuh kurang lebihnya 12 km. Dan jika kamu sudah sampai di puncak, tentunya akan menemukan tekanan dari lembah kancip.

Di sini kamu dapat menyaksikan beberapa satwa seperti burung-burung langka. Karena juga sering ditumpangi dengan Taman Nasional Baluran maka jika kamu saat mendaki. Akan menemukan spot-spot menarik lainnya yang bisa kamu jadikan tempat berwisata pastinya. Vegetasi sabana atau savanna uang sangat menarik ini tentunya biasa disebut sebagai Afrika nya Indonesia. Sebaiknya jika kamu ingin melakukan pendakian Gunung Baluran ini harus mengikuti tips yang dapat kamu lakukan seperti;

  1. Pertama kamu harus membuat rencana untuk perjalanan dan jangan lupa untuk bertanya kepada petugas atau juga warga sekitar tentang rute dan juga informasi mengenai Gunung Baluran.
  2. Kamu harus mempersiapkan fisik dan mental pastinya seperti latihan yang cukup setiap harinya.
  3. Kamu juga harus mempelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh.
  4. Mempersiapkan perbekalan dan juga perlengkapan yang efektif.
  5. Dapat mengatur manajemen logistik kamu sendiri dan juga bahan makanan yang cukup pastinya.
  6. Kamu harus memperoleh izin dan melapor ke petugas pendakian yang ada di Gunung Baluran ini.
  7. Kamu sebaiknya harus menjaga alam dan tidak merusaknya.

 

 

Add Comment