MENGENAL GUNUNG AYAMAYAM DI PEGUNUNGAN MENOREH JAWA TENGAH

Tempat Wisata Gunung Ayamayam adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga kamu dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus sampai puncak, tetapi juga kamu bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

Mendaki gunung juga bukanlah dapat menaklukan puncak nya atau sampai di titik tertinggi. Karena itu hanya bonus semata. Dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita aku dan kamu dapat mengalahkan diri sendiri dan tetap terus menatap masa depan. Dengan rasa lelah hingga tujuan yang tidak kunjung terlihat pastinya. Bisa membuat seseorang bahkan semua pendaki menjadi putus asa dan kalah dengan rasa egois. Seperti rasa ingin untuk berhenti dan ingin pulang saja. Bahkan mendaki gunung bukan hanya sekadar jalan-jalan saja tetapi juga ras syukur kita karena telah di beri kesempatan menikmati keindahan ciptaan-Nya.

GUNUNG AYAMAYAM

Gunung Ayamayam ini merupakan sebuah gunung yang berada di Jawa Tengah. Dan Gunung Ayamayam ini juga merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh. Tentu saja Gunung Ayamayam ini secara administrasinya berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo. Gunung Ayamayam ini memiliki ketinggian 1.022 mdpl dan memiliki ketinggian relative nya 925 mdpl. Pada daerah Kabupaten Magelang Gunung Ayamayam ini mencakup Kecamatan Salaman dan Kabupaten Purworejo dengan Kecamatan Bener. Pegunungan Menoreh ini pada bagian utara memiliki Puncak Kukusan dengan ketinggian 890 mdpl, Puncak Suroloyo 1.019 mdpl dan Puncak Widosari 944 mdpl. Dan beberapa puncak tersebut berada di wilayah yang berbeda dan masuk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai yang juga berhulu dari gunung ini adalah Sungai Blubas Magelang dan juga Sungai Benowo Purworejo.

Pegunungan Menoreh ini merupakan sebuah pegunungan yang membentang dari wilayah Kabupaten Kulonprogo hingga timur Kabupaten Purworejo dan sebagian berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dahulu kala Pegunungan Menoreh ini juga dikenal sebagai basis pertahanan Pangeran Diponegoro bersama para prajuritnya. Dan pada waktu itu dalam Perang Jawa tahun 1825-1830 melawan penjajah Hindia Belanda. Salah satu putera nya yakni bernama R.Ay.Mangkorowati berhasil memimpin perlawanan di wilayah tersebut. Raden Mas Sodewo atau juga Ki Sodewo pernah bertempur di wilayah Kulonprogo di mulai dari pesisir selatan hingga ke Bagelen da juga Samigaluh.

Tentu saja Pegunungan Menoreh ini secara geomorfologis juga telah membentuk lahan yang kompleks. Dengan adanya kompleks ini menjadikan kondisi fisik daerah Pegunungan Menoreh memiliki adanya proses eksogenik dan juga endogenic. Yang juga bekerja pada berbagai batuan dan membentuk bentang lahan yang sudah ada saat ini pastinya. Pegunungan Menoreh ini jika dilihat dari Candi Borobudur seperti membentuk sosok yang sedang tidur di atasnya. Dan diyakini oleh sebagian banyak masyarakat sebagai Gunadharma dan dianggap sebagai arsitek Candi Borobudur.

 

TIPS MENDAKI GUNUNG AYAMAYAM

  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung kamu jangan sampai dan tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakkan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera. Dan itu bisa terjadi kapan pun ketika kamu berjalan dengan ngawur pastinya akan menghambat dalam proses mendaki gunung.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita semua dan tidak hanya kamu saja sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum kamu dan para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan sebaiknya kamu jangan diam saja. Kamu bisa mem-beritahu temen kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Itu juga baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.

  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan mendaki gunung tentunya akan melatih otot kaki dan juga menambah kemampuan fisik kita. Dengan kegiatan ini juga kamu dapat melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus di lalui tentu nya tidak lah mudah. Dan dengan sesulit apapun itu maka pasti nya akan melewati nya dengan mudah. Selain dengan kegiatan lari juga untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

  • Perlengkapan Wajib Yang Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki tentunya kamu juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya.

  • Jangan Memutuskan Untuk Mendaki Gunung Hanya Karena Ajakan Dari Teman

Karena itu hanya semata-mata gengsi, dan meski semua itu hanya demi foto-foto yang keren untuk sosial media saja. Mendaki gunung bukanlah ajang untuk pamer tentang bisa atau sanggup untuk mendakinya tetapi juga mengenai diri sendiri yang mampu untuk mengalahkan ego atau tidak.

  • Jangan Memetik Bunga Edelweiss

Siapa pun itu jangan pernah untuk merusak tanaman bunga ini. Dimana pun tempat nya bahkan itu sangat di larang. Karena Bunga Edelweiss ini juga termasuk tanaman yang dilindungi. Jangan sampai tanaman ini rusak akibat perbuatan manusia.

 

 

 

 

Add Comment