PENDAKIAN GUNUNG ASEUPAN YANG BELUM DI JAMAH BANYAK ORANG

Tempat Wisata Gunung Aseupan adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya jika kamu mendaki gunung juga sudah termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda pastinya. Selain itu juga dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang ingin mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

GUNUNG ASEUPAN

Gunung Aseupan ini merupakan sebuah gunung yang berada di daerah Padeglang, Banten. Dan berjarak sekitar 18 km dari sebelah barat pusat kota Padeglang. Tentunya Gunung Aseupan ini memiliki ketinggian sekitar 1.174 mdpl. Gunung Aseupan ini berada di Desa Sikulan, Kecamatan Jiput, Kabupaten Padeglang, Banten. Tentunya jika kamu ingin mendaki gunung ini, di sini tidak membayar retribusi sepersen pun. Karena tidak ada pihak yang mengelola Gunung Aseupan ini. Jika kamu mau mendaki gunung ini jangan kaget ya karena Gunung Aseupan ini memiliki suasana yang sepi dan sunyi pastinya. Karena tidak ada pendaki lain yang juga mendaki Gunung Aseupan ini. Gunung Aseupan ini mempunyai jalur pendakian yang cukup ekstrem dan juga menanjak yang pada jalanan nya dipenuhi dengan tanaman liar yang rimbun. Selain juga menanjak jalur ini juga terjal dan semakin menanjak dengan dan sempit. Pada kanan kiri yang juga jurang dan kamu para pendaki harus berjalan di atas tanah yang berbentuk seperti panggungan tipis ya. Gunung Aseupan ini juga tidak memiliki pos peristirahatan dan pendaki harus mencari sendiri tanah yang datar untuk mendirikan tenda. Jalur pendakian Gunung Aseupan ini masih di tutupi dengan vegetasi dan juga semak yang sangat rimbun. Jika kamu sudah mendekati puncaknya pada jalur pendakiannya juga akan berubah. Karena tidak ada lagi vegetasi melainkan jurang yang semakin jelas penampakannya dna membuat jantung ber-degup.

Gunung Aseupan ini memiliki bentuk seperti segitiga terbalik. Dan gunung ini memiliki faktor topografi yang memang susah untuk di daki juga. Untuk mendaki Gunung Aseupan ini memerlukan waktu sekitar 4 jam sampai 6 jam. Jarak dari basecamp Pulosari ke desa Gunung Aseupan ini juga lumayan jauh dengan jalannya yang licin dan penuh lubang. Puncak Gunung Aseupan ini memiliki kemiringan 60-90 derajat pada jalurnya. Dan tanaman dan juga alang-alang yang semakin rapat sehingga kamu akan kesulitan untuk melangkah. Pada puncak Gunung Aseupan ini hanya memiliki ukuran sekitar 5 x 1meter saja. Di ujung satu ada jalur yang dilalui dan di ujung satunya ada sebuah makam yang di nisannya ada kain kafan nya. Jika kamu ingin mendaki gunung ini pastinya mengajak teman yang sudah ahli ya atau sudah biasa naik gunung. Agar kamu juga tidak tersesat dan bingung.

TIPS MENDAKI GUNUNG ASEUPAN

  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung kamu jangan sampai dan tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera. Dan itu bisa terjadi kapan pun ketika kamu berjalan dengan ngawur pastinya akan menghambat dalam proses mendaki gunung.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita semua dan tidak hanya kamu saja sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum kamu dan para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Jangan Mengeluh

Dalam mendaki gunung tentunya mengeluh juga sudah termasuk merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Karena dengan mengeluh juga akan mempengaruhi proses pendakian juga. Harus nya para pendaki untuk menyemangati diri sendiri juga dan selalu ceria dalam perjalanan agar proses mendaki juga tidak akan terasa berat. Dengan mengeluh pasti nya juga akan mempengaruhi psikis dalam diri sendiri dan masih bisa berimbas pada diri sendiri.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan sebaiknya kamu jangan diam saja. Kamu bisa mem-beritahu temen kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Itu juga baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.

  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan mendaki gunung tentunya akan melatih otot kaki dan juga menambah kemampuan fisik kita. Dengan kegiatan ini juga melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus di lalui tentu nya tidak lah mudah. Dan dengan sesulit apapun itu maka pasti nya akan melewati nya dengan mudah. Selain dengan kegiatan lari juga untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

  • Memiliki Perlengkapan Yang Harus Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya seperti:

  • Jaket
  • Tutup Kepala
  • Sarung Tangan
  • Kaus Kaki
  • Sepatu Gunung
  • Tas Besar
  • Tas Kecil
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Matras
  • Senter
  • Tongkat
  • Mantel Hujan
  • Peralatan memasak
  • Kamera

 

 

Add Comment