PENDAKIAN GUNUNG ARJUNO VIA TRETES DAN LAWANG

Tempat Wisata Gunung Arjuno adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung juga merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya mendaki gunung juga termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda. Selain itu juga dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi pada saat mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

GUNUNG ARJUNO

Gunung Arjuno ini merupakan sebuah gunung yang juga terletak di Provinsi Jawa Timur. Dan juga sebuah gunung berapi kerucut dengan ketinggian 3.339 mdpl. Gunung Arjuno ini berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan juga Kabupaten Malang. Gunung Arjuno ini dibawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Tentunya Gunung Arjuno ini termasuk ke dalam gunung tertinggi ketiga di jawa timur setelah Gunung Semeru dan juga Gunung Raung. Nama Gunung Arjuno ini tentunya dari salah satu tokoh pewayangan Mahabarata yakni Arjuna. Gunung ini juga bersebelahan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar II, dan Gunung Kembar I. Puncak Gunung Arjuno ini berada di satu panggungan yang sama dengan pun dengan puncak Gunung Welirang. Merupakan salah satu tujuan para pendaki dan tentunya memiliki beberapa objek wisata. Jika kamu mau mendaki Gunung Arjuno ini, kamu bisa memilih salah satu jalur yakni Jalur Tretes, Jalur Lawang, Jalur Purwosari dan juga Jalur Batu.

Jalur Tretes

Jalur ini tentunya merupakan tempat wisata dan di sana terdapat air terjun Kakek Bodo yang sangat memukau pastinya. Banyak para pendaki yang memilih jalur ini. Jalur ini memiliki trek yang tidak terlalu menanjak. Kamu juga dapat mendaki Gunung Welirang jika melewati jalur ini karena ada sebuah persimpangan yang akan menunjukkan arah ke puncak Gunung Welirang. Perjalanan dari Tretes membutuhkan waktu 7 sampai 8 jam untuk menuju Puncak Gunung Welirang. Dan jika kamu ingin menuju Gunung Arjuno, kamu bisa turun dengan waktu 10 menit ke arah selatan dan melewati hutan cemara dengan sebuah jurang serta pinggiran dua gunung Kembar. Memerlukan waktu sekitar 6 sampai 7 jam untuk menuju puncak Arjuno.

Jalur Lawang

Kamu bisa melewati jalur ini jika ingin mendaki Gunung Arjuno. Karena jalur ini sangat mudah sekali di tempuh. Pendakian Gunung Arjuno ini dimulai dari desa Wonorejo menuju perkebunan teh dan berada di desa Wonosari. Berjalan dengan menempuh waktu 3 sampai 4 jam dan jika sudah sampai di Oro-Oro Ombo yang tentunya cocok untuk camp. Dari tempat ini kamu dapat menuju puncak dengan waktu sekitar 6 sampai 7 jam saja. Melewati hutan lebat yang biasa di sebut Hutan Lali Jiwo. Lalu kamu akan melewati padang rumput dengan jalanan yang menanjak dan curam. Mendekati puncaknya kamu akan melewati batu-batuan yang terbilang sangat banyak. Di puncak Gunung Arjuno ini kamu akan menemukan tanaman yang sangat indah dan langka.

 

TIPS MENDAKI GUNUNG ARJUNO

  • Memiliki Perlengkapan Yang Harus Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya seperti:

  • Jaket
  • Tutup Kepala
  • Sarung Tangan
  • Kaus Kaki
  • Sepatu Gunung
  • Tas Besar
  • Tas Kecil
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Matras
  • Senter
  • Tongkat
  • Mantel Hujan
  • Peralatan memasak
  • Kamera
  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung kamu jangan sampai dan tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera. Dan itu bisa terjadi kapan pun ketika kamu berjalan dengan ngawur pastinya akan menghambat dalam proses mendaki gunung.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita semua dan tidak hanya kamu saja sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum kamu dan para pendaki lainnya mendaki gunung tentunya harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Jangan Mengeluh

Dalam mendaki gunung tentunya mengeluh juga merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Karena dengan mengeluh juga akan mempengaruhi proses pendakian juga. Harus nya para pendaki untuk menyemangati diri sendiri juga dan selalu ceria dalam perjalanan agar proses mendaki juga tidak akan terasa berat. Dengan mengeluh pasti nya juga akan mempengaruhi psikis dalam diri sendiri dan masih bisa berimbas pada diri sendiri.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

Tentunya kamu jika sudah merasa capek atau tidak kuat untuk melakukan perjalanan sebaiknya kamu jangan diam saja. Kamu bisa mem-beritahu temen kamu supaya bisa istirahat sebentar agar kamu juga tidak tertinggal oleh rombongan. Itu juga baik untuk kesehatan fisik kamu pastinya karena setiap fisik orang itu berbeda-beda.

  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan mendaki gunung tentunya akan melatih otot kaki dan juga menambah kemampuan fisik kita. Dengan kegiatan ini juga melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus di lalui tentu nya tidak lah mudah. Dan jangan khawatir jika kamu bisa rutin tentunya dalam melakukan kegiatan ini. Dan dengan sesulit apapun itu maka pasti nya akan melewati nya dengan mudah. Selain dengan kegiatan lari juga untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

 

 

 

Add Comment