TEMPAT WISATA GUNUNG ARGAPURA DENGAN JALUR PENDAKIAN TERPANJANG

Tempat Wisata Gunung Argapura adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya mendaki gunung juga termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda. Selain itu juga dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

GUNUNG ARGAPURA

Gunung Argapura merupakan sebuah gunung berapi kompleks yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura ini memiliki ketinggian 3.088 mdpl dan Gunung Argapura ini adalah bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Gunung ini berada di kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Yang jadi kompleks ini juga sering menyebutnya dengan Yang-Argapura. Kompleks tersebut juga merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam nya di antara Gunung Raung dan juga Gunung Lemongan di Jawa Timur. Di dalam kompleks tersebut terdapat sebuah untaian lembah sedalam 1.000 m. Dan pendakian Gunung Argapura ini tentunya memberikan tantangan tersendiri. Gunung Argapura ini memiliki jalur pendakian yang cukup panjang pastinya yakni 63 Km. Jadi Gunung Argapura ini banyak yang menyebutnya dengan trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Gunung Argapura ini memiliki puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang dan berada di posisi Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada juga beberapa puncak lain yang juga terkenal yakni Puncak Rengganis. Puncak tertinggi nya berada pada jarak kurang lebihnya 200 m di arah selatan Puncak Rengganis. Puncak tersebut dinamakan Argopuro dan sudah ada tugu ketinggian atau triangulasi. Gunung Argapura ini berada di kabupaten Probolinggo, kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan juga kabupaten Situbondo. Dan puncak Rengganis termasuk ke dalam kabupaten Jember.

Gunung Argapura ini memiliki jalur pendakian terpanjang dan kamu harus menempuh jarak sekitar 4 sampai 6 hari perjalanan. Gunung Argapura ini memiliki tiga puncak yakni Puncak Rengganis, Puncak Arca dan juga Puncak Argopuro. Gunung Argapura ini memiliki jalur trekking terpanjang dan tentunya tidak hanya terkenal pada kalangan pendaki saja. Memiliki pemandangan yang indah dan luar biasa tetapi juga terkenal juga angker nya. Ada juga banyak misteri yang begitu melekat di Gunung Argapura ini. Tentunya dengan Legenda Dewi Rengganis yang sudah beredar di masyarakat Gunung Argapura ini. Dewi Rengganis ini memiliki paras yang cantik jelita dan juga banyak yang diperebutkan oleh pangeran dari kerajaan lain. Dahulu karena saling memperebutkan Dewi Rengganis maka upeti yang dibawa menjadi berserakan dan menjadi harta karun yang terkutuk. Dan siapa saja yang dapat mengambilnya dipercaya akan mendapatkan kesusahan termasuk juga mengambil bebatuan dari reruntuhan candi dan bangunan lainnya. Posisi Arca yang juga berserakan juga konon akan kembali pada tempatnya jika dipindahkan. Tentunya hanya orang-orang yang berhati bersih dapat melihat penampakan Dewi Rengganis ini. Juga termasuk penampakan tempat shalat dan juga tongkat di atas Gunung Argapura serta kuburan di Taman Hidup nya. Gunung Argapura ini memiliki padang ilalang yang paling luas dan tentunya menyimpan kisah kelam.

Padang Savana Cikasur ini pernah dijadikan tempat landasan pesawat pada zaman kolonial Belanda dan yang membangun masyarakat pada masa itu. Dahulu dengan kelicikan para penjajah, masyarakat di paksa bekerja dan akan di bayar setelah pekerjaan selesai. Tetapi mereka justru tidak di bayar dan dilarang untuk meninggalkan tempat tersebut. Belanda memerintahkan membangun saluran air memanjang tetapi setelah selesai mereka membunuh para pekerja dengan brutal. Dengan senjata dan semua pekerja tewas dan terkubur dalam galian yang telah mereka selesai dibuat. Dengan modus tersebut tentunya untuk menghilangkan jejak keberadaan landasan pesawat agar tidak diketahui oleh orang lain. Tentunya setiap pendaki harus bisa menjaga lisan dan tingkah laku saat berada di jalur pendakian untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan pastinya.

TIPS MENDAKI GUNUNG ARGAPURA

  • Memiliki Perlengkapan Yang Harus Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya seperti:

  • Jaket
  • Tutup Kepala
  • Sarung Tangan
  • Kaus Kaki
  • Sepatu Gunung
  • Tas Besar
  • Tas Kecil
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Matras
  • Senter
  • Tongkat
  • Mantel Hujan
  • Peralatan memasak
  • Kamera
  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan kegiatan ini juga melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus di lalui tentu nya tidak lah mudah. Selain dengan kegiatan lari juga untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya kamu tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera. Dan itu bisa terjadi kapan pun pastinya akan menghambat dalam proses mendaki gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki gunung tentunya para pendaki harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Jangan Mengeluh

Dalam mendaki gunung tentunya mengeluh juga merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Karena dengan mengeluh juga akan mempengaruhi proses pendakian juga. Dengan mengeluh pasti nya juga akan mempengaruhi psikis dalam diri sendiri dan masih bisa berimbas pada diri sendiri.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan
  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

 

 

Add Comment