TEMPAT WISATA GUNUNG API DI JAWA TIMUR YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI

Tempat Wisata Gunung Api ini juga merupakan sebuah tempat tujuan berlibur sebagian banyak orang. Tempat wisata merupakan sebuah tempat yang juga menjadi tempat rekreasi atau tempat berwisata. Dan suatu objek wisata juga dapat berupa alam seperti gunung, sungai, danau, pantai, laut atau juga berupa objek wisata bangunan. Seperti Museum, Benteng atau juga Situs Peninggalan Sejarah. Tentunya Obyek Wisata juga merupakan segala sesuatu yang berada di daerah dengan tujuan wisata yang merupakan dapat menjadi daya tarik agar orang – orang mau datang berkunjung. Tentunya wisata ini merupakan semua tempat atau juga keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata. Dan dibangun atau juga dikembangkan sehingga memiliki daya tarik dan juga diusahakan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi tentunya. Menurut Undang – Undang, pariwisata juga merupakan segala macam kegiatan wisata yang juga dilayani oleh pemerintah. Dan masyarakat atau juga pengusaha beserta dengan fasilitasnya.

Kata Pariwisata ini juga berasal dari bahasa jawa Sansekerta, yakni terdiri dari 2 bagian yaitu “Pari dan Wisata”. Arti dari kata “Pari” adalah bersama atau juga berkeliling sedangkan arti kata “Wisata” adalah perjalanan. Dan jika digabungkan adalah memiliki artian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dan meninggalkan tempat awal dan menuju ke tempat yang lain. Wisatawan merupakan orang yang melakukan kegiatan wisata. Dan orang tersebut dapat melakukan kunjungan kurang lebih 24 jam di suatu tempat tentunya dengan tujuan kunjungan untuk bersenang-senang.

GUNUNG BROMO

Gunung Bromo ini merupakan salah satu gunung yang berada di pulau jawa. Siapa yang tidak mengenal atau juga mendengar Gunung Bromo ini. Tentunya gunung ini juga termasuk gunung berapi yang masih aktif. Dan gunung ini tentunya yang paling terkenal di Jawa Timur. Karena memilki kunjungan wisatawan yang paling ramai pada setiap tahunnya. Gunung Bromo ini memiliki ketinggian 2.392 Mdpl dan berada di kawasan 4 kabupaten. Yakni kabupaten Probolinggo, kabupaten Pasuruan, kabupaten Lumajang dan juga kabupaten Malang. Tentunya keberadaan Gunung Bromo ini bertautan dengan lembah, ngarai, caldera atau juga pasir dengan luas mencapai 10 km. Gunung Bromo ini juga termasuk ke dalam satu kawasan Bromo Tengger Semeru National Park dan terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Seperti Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, Gunung Bromo dan juga beberapa danau.

Gunung Bromo ini juga termasuk ke dalam gunung berapi yang masih aktif dan pernah mengalami meletus dengan interval waktu yang teratur dalam 20 abad ini. Atau juga sekitar 30 tahun sekali, dan letusan terbesar juga terjadi pada tahun 1974 dan 2010 yang lalu. Dengan keindahan Gunung Bromo ini, Yadna Kasada atau juga di sebut sebagai Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo ini menjadi tujuan utama destinasi setiap tahunnya. Diadakannya upacara ini pada setiap tahun dan bulan purnama di bulan Desember atau Januari.

Upacara Kasodo ini juga berawal pada abad ke 15 dan di mana menceritakan seorang putri bernama Roro Anteng dan memimpin kerajaan Tengger bersama suaminya. Joko Seger, suami istri ini tidak memiliki anak dan karena itu mereka berdoa dan memohon kepada dewa gunung untuk dapat di berikan anak. Dan dari permohonan mereka juga dewa memberikan 24 anak dan mewajibkan mereka untuk dikorbankan anak yang ke 25. Dan harus dilempar ke dalam gunung berapi tersebut. Permintaan dewa ini juga di laksanakan hingga menjadi tradisi sampai saat ini dan Rakyat Tengger juga melakukan upacara Kasada dengan melemparkan hasil bumi ke dalam kawah Gunung Bromo. Tentunya sebagai ucapan syukur atas panen dan yang mereka terima sebagai permohonan untuk panen yang lebih melimpah lagi.

Walaupun Gunung Bromo ini penuh dengan bahaya tetapi juga terdapat beberapa penduduk yang tinggal di daerah tersebut. dengan mengambil resiko dengan naik dan turun ke bawah dalam supaya untuk mengambil barang yang di korbankan. Mereka juga meyakini bisa membawa keberuntungan. Tentunya hampir semua para pendaki ingin pergi ke Gunung Bromo karena di mata para pendaki juga. Gunung Bromo ini memiliki keistimewaan yang tersendiri. Traveling ke Gunung Bromo ini juga lebih mudah karena tidak sepenuhnya juga harus di lakukan dengan berjalan kaki tentunya. Karena sudah ada mobil jeep yang siap melayani perjalanan kamu.

GUNUNG SEMERU

Gunung Semeru ini merupakan sebuah tempat wisata yang paling banyak di lirik oleh sebagian pendaki di dunia. Karena Gunung Semeru ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. Gunung Semeru ini berada di Jawa Timur yang tentunya akan menyimpan keindahan juga bagi para pendaki. Gunung ini juga menjadi paling favorit karena menikmati eksotisme kawanan awan ketika berada di puncak nya. Gunung Semeru ini berada di dua kabupaten yakni kabupaten Malang dan kabupaten Lumajang. Tentunya Gunung Semeru ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Tentunya memiliki puncak yang menjadi salah satu favorit para pendaki yaitu Puncak Mahameru. Puncak ini untuk pertama kali nya telah di taklukan oleh seorang laki-laki dari Belanda bernama Clignet pada tahun 1838.

Dan selain itu juga seorang laki-laki bernama Van Gogh pada tahun 1911 yang juga berhasil menaklukan puncak Mahameru ini. Dan pada tahun 1945 seorang pendaki bernama Junhuhn yang muncul sebagai nama ketiga yang berhasil mencapai Puncak Mahameru. Di sana kamu dapat menemukan berbagai jenis satwa flora ataupun fauna. Seperti bunga anggrek endemik Semeru dan bunga edelweiss. Kedua bunga tersebut juga merupakan salah satu penyemangat bagi para pendaki untuk dapat menaklukan tantangan di medan Gunung Semeru. Pada kawasan tersebut juga dalam waktu tertentu sangat ramai tentunya.

Dan ketika pelaksanaan upacara sesaji yang dipercaya juga sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Shiwa. Tentunya Gunung Semeru ini di percaya sebagai bapaknya gunung yang akan memberikan berkah keselamatan. Selain juga menyajikan keindahan alam nya, Gunung Semeru ini juga menyimpan legenda yang sampai saat ini berkembang di kalangan masyarakat. Kisah ini juga dimulai pada asal mula nama Gunung Semeru ini muncul. Dahulu di Negeri India terdapat Gunung Meru yang akhirnya di pindahkan ke pulau jawa. Dan menurut kepercayaan juga perpindahan itu juga di maksudkan untuk menahan agar pulau jawa tidak terombang ambing oleh guncangan ombak. Dewa Shiwa lah yang menjelma menjadi kura-kura raksasa untuk berenang menuju ke pulau jawa dan melalukan perpindahan tersebut. Gunung Semeru ini juga di pikul melewati ombak laut dan akhirnya bisa sampai ke Jawa.

Tentunya ini adalah legenda singkat yang sudah di percayai oleh masyarakat sekitar Gunung Semeru ini. Di Gunung Semeru ini tentunya kamu akan berjumpa di Danau Ranu Kumbolo dan menjadi salah satu spot yang paling populer di Gunung Semeru. Tentunya untuk sampai ke puncak Mahameru ini kamu harus memulai perjalanan pada awal pendakian yaitu Ranupane. Kalau kamu sudah akan sampai ke Ranu Kumbolo dengan melalui Watu Rejeng. Perjalanan menuju Ranu Kumbolo ini juga memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak mengetahui medan perjalanan tersebut. Karena kamu dapat menyewa pemandu atau juga tourguide untuk mengantarkan sampai di Ranu Kumbolo. Di sini kamu dapat camp dan  biasanya dijadikan tempat istirahat bagi para pendaki.

Add Comment