TEMPAT WISATA GUNUNG AMBANG DAN KEINDAHAN ALAMI NYA

Tempat Wisata Gunung Ambang adalah sebuah tempat rekreasi bagi para pendaki pemula atau yang sudah pro. Mendaki Gunung merupakan salah satu tempat dimana sebagian orang ingin menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Tentunya mendaki gunung juga termasuk kegiatan yang paling banyak diminati oleh anak muda. Selain itu juga dapat merasakan keindahan langka yang berada di puncak gunung nya. Sensasi mendaki gunung juga menjadi pengalaman tersendiri tentunya bagi para pendaki. Dengan mendaki gunung tentunya juga bisa untuk melatih fisik dan mental kita. Tak hanya itu tetapi juga menyadarkan kita bahwa gunung juga mengajari tentang filosofi hidup. Tentunya tujuan seseorang mendaki gunung itu juga berbeda – beda. Jadi harus mampu untuk memahami dan menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan yang dimiliki. Mendaki gunung itu juga tidak harus untuk sampai puncak, tetapi juga bisa saja untuk nge-camp di separuh jalur pendakian. Hidup itu tentunya tidak seperti naik gunung, tetapi sebelum melakukan sesuatu kamu juga harus menetapkan apa saja tujuan hidup. Dan tidak perlu untuk mencontoh kehidupan orang lain tetapi juga harus meyakinkan sesuatu yang kamu yakini bisa tercapai. Serta kamu juga harus tahu apa yang benar – benar menjadi keinginan yang mampu untuk membuat diri sendiri bahagia pasti nya.

Tempat Wisata Gunung Ambang ini juga merupakan pegunungan yang cocok untuk pendaki pemula. Gunung Ambang ini berada di tanah air dan memiliki ketinggian 1795 Mdpl atau juga setara dengan 5889 kaki. Dengan dataran tinggi yang berbentuk Gunung ini dan memiliki nama Gunung Ambang berada di wilayah Asia. Gunung Ambang ini berada di Pulau Sulawesi tepat nya berada di tiga bagian kabupaten yaitu Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow dan juga Bolaang Mongondow Timur. Tentunya Gunung Ambang ini termasuk dalam salah satu cagar alam yang di lindungi. Gunung Ambang ini memiliki keindahan alam yang dapat di nikmati jika para pendaki sudah berada di puncak Gunung Ambang. Dan tentunya membuat para pendaki tidak ingin pulang ke rumah. Tempat Wisata Gunung Ambang ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih nya hanya 30 menit saja. Untuk menempuh perjalanan dari Kota Kotamobagu hingga mencapai puncak Gunung Ambang. Tentunya gunung ini memiliki pesona alam yang menawan dan jika tidak di rawat dengan benar pasti akan menjadikan sebagian tempat ini banyak yang rusak. Gunung Ambang ini memiliki lahan seluas 8.628 hektar dan sudah di resmikan oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia pada 21 Juni 1978 yang lalu. Tentunya keberadaan Gunung Ambang ini sudah mendapat perlindungan hukum melalui surat keputusan Menteri Kehutanan No.359/Kpts/Um/6/1978 pada tanggal 21 Juni 1978.

KEISTIMEWAAN GUNUNG AMBANG

Gunung Ambang ini tentunya sudah menjadi rumah sendiri bagi para spesies langka tentunya seperti Anoa. Dan sudah di tetapkan sebagai salah satu satwa yang juga di lindungi oleh Pemerintah Republik Indonesia. Yaitu melalui Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1999. Dan selain itu juga wisata Gunung Ambang ini juga sudah menjadi surga bagi para ahli pengamat burung. Seperti Burung Hantu yang di Gunung Ambang ini ada berjenis Cinnabar Hawk Owl. Jenis Burung Hantu tersebut hanya berada di Gunung Ambang saja. Jadi tentunya banyak para peneliti tentunya untuk datang menyempatkan diri melihat burung hantu tersebut. Dengan Medan yang juga cukup bersahabat tentunya memudahkan bagi para pendaki ataupun wisatawan lainnya uang juga berkunjung ke Gunung Ambang ini. Selain Burung Hantu itu Gunung Ambang ini juga memiliki satwa lainnya seperti Anoa dan Babirusa yang juga ber-habitat di sini. Dan berada di Cagar Alam Tangkoko dan Suaka Margasatwa Manembo – nembo. Tetapi kedua tempat itu di kabarkan juga telah punah jadi jika para wisatawan ingin melihat nya belum tentu dapat menemukan kedua hewan endemik Sulawesi Utara tersebut. Jika masih bisa di temukan meskipun dengan wujud asli nya tetapi kita tidak bisa melihatnya. Satwa lain yang berada di Cagar Alam Gunung Ambang ini seperti Anoa Pegunungan, Babirusa, Monyet Hitam Sulawesi, Cinnabar Hawk Owl dan Minahasa Masked Owl dan Tyto Inexspectata.

TIPS MENDAKI GUNUNG AMBANG

  • Memiliki Perlengkapan Yang Harus Di Bawa Ketika Mendaki Gunung

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung. Perlengkapan dalam mendaki juga membutuhkan persiapan peralatan yang harus di bawa. Jika pendaki tidak melakukan perlengkapan yang benar maka akan menjadi fatal. Dengan kegiatan mendaki gunung yang dilakukan tentunya tidak seindah dengan bayangan karena dengan kekurangan peralatan. Hal yang perlu di bawa tentu nya seperti:

  • Jaket
  • Tutup Kepala
  • Sarung Tangan
  • Kaus Kaki
  • Sepatu Gunung
  • Tas Besar
  • Tas Kecil
  • Sleeping Bag
  • Tenda
  • Matras
  • Senter
  • Tongkat
  • Mantel Hujan
  • Peralatan memasak
  • Kamera
  • Melatih Otot Kaki Dan Juga Keseimbangan

Dengan mendaki gunung tentunya akan melatih otot kaki dan juga menambah kemampuan fisik kita. Dengan kegiatan ini juga melatih otot kaki agar tentunya tidak kaget dalam mendaki. Dengan mengingat trek yang harus di lalui tentu nya tidak lah mudah. Dan jangan khawatir jika kamu bisa rutin tentunya dalam melakukan kegiatan ini. Dan dengan sesulit apapun itu maka pasti nya akan melewati nya dengan mudah. Selain dengan kegiatan lari juga untuk melatih keseimbangan tentunya dengan melakukan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat untuk melatih keseimbangan nya.

  • Menjaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan juga sudah merupakan hal yang paling utama tentunya dalam melakukan proses pendakian gunung. Jadi perlu di pastikan juga bahwa kesehatan dalam diri sendiri itu juga perlu. Kalau bisa para pendaki untuk mengkonsumsi vitamin atau juga meminum obat lainnya.

  • Cara Berjalan Ketika Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung tentunya tidak dengan cara yang asal – asalan atau ngawur ya. Karena pastinya anda para pendaki tidak ingin terjadi hal yang buruk bukan. Untuk tips berjalan pastinya dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tentu nya tetap focus pada pijakan. Dan apabila jika pendaki sudah merasakan kaku maka kemungkinan akan mengalami cidera. Dan itu bisa terjadi kapan pun pastinya akan menghambat dalam proses mendaki gunung.

  • Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Gunung

Pastinya kita sebagai para pendaki harus bisa menjaga kebersihan gunung. Salah satu nya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bisa dipastikan untuk membawa pulang atau turun lagi sampah yang di hasilkan di gunung.

  • Mengikuti Instruksi Dan Juga Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki gunung tentunya para pendaki harus mendaftar dulu ke petugas setempat. Dan pada saat melakukan proses pendaftaran tentunya kita juga harus mendengarkan instruksi dan juga larangan nya.  Dan para pendaki juga harus mematuhi instruksi tersebut.

  • Jangan Mengeluh

Dalam mendaki gunung tentunya mengeluh juga merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Karena dengan mengeluh juga akan mempengaruhi proses pendakian juga. Harus nya para pendaki untuk menyemangati diri sendiri juga dan selalu ceria dalam perjalanan agar proses mendaki juga tidak akan terasa berat. Dengan mengeluh pasti nya juga akan mempengaruhi psikis dalam diri sendiri dan masih bisa berimbas pada diri sendiri.

  • Jangan Malu Untuk Berhenti Jika Sudah Capek Dalam Perjalanan

 

Add Comment