CARA MUDAH MERAWAT TANAMAN HIAS GANTUNG 

CARA MUDAH MERAWAT TANAMAN HIAS GANTUNG 

Belakangan ini tanaman hias gantung banyak digemari untuk mempercantik rumah. Bahkan tanaman ini menjadi solusi bagi rumah yang sempit agar tetap terlihat indah. Selain mempercantik tampilan teras rumah, tanaman gantung juga memberikan kesan sejuk. Ada beberapa tanaman gantung yang bisa kamu tanam di area depan rumah. Seperti sirih belanda, kantong semar, begonia dan geranium. Selain hanya butuh tempat yang tidak begitu lebar. Penanaman dan perawatannya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu dan biaya yang banyak. Tanaman hias gantung yang tidak terawat akan menjadi layu dan juga kering. 

Tanaman hias gantung tidak membutuhkan perawatan yang berbeda dengan tanaman hias di luar ruangan. Agar tanaman yang kamu miliki tumbuh subur dan tidak cepat mati. Berikut ini beberapa tips dalam merawatnya, diantaranya sebagai berikut:

  • Kenali tipe tanaman

Hampir semua tanaman hias bisa digunakan menjadi tanaman hias gantung. Namun setiap tanaman pastinya membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Untuk itu mengenali perawatan yang tepat sesuai tanaman kamu menjadi hal yang penting. Dengan begitu akan memudahkan dan tidak salah dalam melakukan perawatannya.

  • Memilih pot

Untuk wadah tanaman gantung, disarankan menggunakan pot dari tanah liat. Karena bagus digunakan untuk menjaga kelembaban tanah dan dapat menyerap air dengan baik. Namun pot dari tanah liat mudah pecah dan berlumut. Untuk itu selain dengan menggunakan pot tanah liat, kamu juga bisa menggantikannya dengan menggunakan pot plastik. 

  • Pilih tali gantung yang tepat

Saat akan menggantung tanaman hias, pilihlah tali yang kuat untuk menahan tanaman hias dengan pot. Hal ini supaya nantinya tali tidak mudah putus dan tanaman tidak jatuh. Usahakan jangan menggantung pot dengan tali atau kawat. Karena selain kurang rapi, tali kawat juga kurang kuat untuk menahan berat pot tanaman hias. 

  • Beri penyinaran yang cukup

Tanaman hias gantung umumnya tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya. Namun pastikan tanaman hias gantung menerima cahaya matahari yang cukup. Untuk mencukupi kebutuhan cahaya pada tanaman tersebut, anda bisa memindahkan ke luar ruangan 2 minggu sekali.

  • Pemupukan yang teratur

Selain penyinaran yang cukup, anda juga harus memperhatikan pemberian pupuk. Pemupukan penting dilakukan agar tanaman hias gantung bisa tumbuh subur. Pupuk yang paling baik digunakan yaitu pupuk alami atau pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan. Selain pupuk kandang kamu juga bisa menggunakan pupuk npk. Caranya dengan menaburkannya di media tanam setiap sebulan sekali. Namun jangan terlalu sering memberikan pupuk, sebab kebanyakan pupuk akan membuat tanaman menjadi kering. 

  • Pangkas tanaman agar rapi

Taman hias gantung biasanya tumbuh menjuntai ke bawah dan kadang tidak beraturan. Untuk itu, pangkaslah tanaman secara rutin bagian tertentu. Cara ini dilakukan supaya tanaman terlihat rapi dan indah. kamu juga bisa memangkas tanaman ketika tanaman terkena hama agar tidak menjalar ke seluruh tanaman.

  • Ganti media tanam secara berkala

Kondisi media tanam bisa berubah seiring berjalannya waktu dan lamanya tanaman tersebut. Untuk itu gantilah media tanam tersebut secara berkala, agar tanaman tersebut terus terpenuhi nutrisinya. Pastikan anda media tanam yang kamu gunakan sesuai dengan jenis tanaman yang kamu tanam.

Demikianlah beberapa cara dalam perawatan tanaman hias gantung yang bisa anda lakukan dengan mudah. Lakukan cara-cara tersebut supaya tanaman hias gantung yang anda miliki tumbuh subur dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *